Tabungan Haji untuk Ibu

aw55b
Entahlah…hari ini tiba-toba pengen ke bank, tujuan utamanya buat ngecek transfer uang, namun…. ada keperluan lain juga “tanya-tanya soal tabungan haji”.  Alhamdulillah, kemarin baru saja dapet rizki, transfer sudah masuk, uang senilai 10 juta rupiah.  Hmm…bingung juga mau dibuat apa? Memang akadnya ini adalah hadiah. Dan ingin pula saya hadiahkan, untuk Ibu saya.
Balik lagi, soal tabungan talangan Haji. Ada terlintas pikiran ketika lulus kuliah, salah satu target dalam hidup, apalagi kalo bukan bisa menaikkan Ibu naik Haji.  Dari dulu, pikiran ini selalu terbayang-bayang. Saya kurang tau hal apa yang bisa di wujudkan untuk membuat Ibu bahagia, saat ini pikiran saya ya baru mengarah kesana. Membuka tabungan haji untuk Ibu.


Dengan kondisi ekonomi yang hanya sebagai petani, ada hal yang membuat sedih yaitu untuk membuka tabungan haji, itu yang terlupa. Ya wajar saja, saking banyaknya pikiran dan juga tanggungan keluarga.  Namun 2013 ini, saatnya, semoga saja bisa, dan yakin pasti bisa daftar haji, meski pakai alternatif dana talangan haji. Begitu.
Seperti kemarin, ke BSM, dijelaskan kalo sistem dana talangan tersebut bertujuan agar calon jamaah haji dapat memperoleh porsi haji, karena bank memberikan bantuan pelunasan setoran haji dengan penyertaan kewajiban angsuran cicilan pinjaman selama jangka waktu tertentu.

Dengan dana talangan tersebut maka jamaah bisa mendapatkan jatah kursi dari biaya sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) sebesar Rp 25 juta dari total dana haji sekitar Rp 35 juta. Jadi emang tabungan ini dengan tujuan untuk beli porsi, bukan dalam konteks pergi hajinya.
Misalnya saat ini saya punya uang 5 juta, ya itu sidah bisa buat daftar haji (dengan di talangi dulu oleh pihak bank). Kalo di BSM kemarin Talangan haji itu jangka waktunya maksimal 1 -3 tahun, sementara antri berangkat hajinya rata-rata 7 tahunan. Nah, maka dari iu, kalo saya saat ini punya uang hnya 5 juta, kalo harus nunggu 25 juta baru daftar ya  eman-eman di waktunya.  Keuntungannnya sebenernya ya itu, semacam membeli porsi haji, agar bisa di daftarkan dulu.
Kalo nominal talangan haji kemarin sekitar Rp. 22.500.000, nah tiap tahunnya itu ada yang namanya biayatalangan (ujroh) yang nominalnya sekitar Rp. 2.850.000 (anggap saja ini komisi yang diberikan ke bank sebagai biaya administrasi/fee).
Jangak waktunya sendiri bisa 1 – 3 tahun, bergantung pada kesanggupan kita.  Nah saya contohkan untuk kalo misalnya mau ambil yang jangka waktu 1 tahun, kira2 kocel yang musti disiapkan
Porsi haji depag  Rp. 25.000.000 (ini agar bisa daftar antrian haji)
Talangan haji Rp. 22.500.000
Pendanaan sendiri Rp. 2.500.000
Saldo minimal (kalo buat buka rekening haji mambrur Rp. 500.000)
Ujroh /biaya Rp. 2.850.000
Biaya materai Rp. 48.000
Jadi kalo aman ya untuk pembukaan di awal siapkan kocek sekitar Rp. 5.898.000, agar bisa dapet kuota talangan haji.
Selamat mencoba….kalo ada yang kurang jelas ya mending ke bank nya saja….
Semoga dimudahkan ikhtiar untuk ke tanah suci. Mohon doanya juga ya, moga bisa jd saldo awal Haji untuk Ibu. aamiin…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s