Paket dari Jakarta “Spiritual Values, For better Indonesia’

Alhamdulillah, pulang ke kontrakan ada kotak warna coklat ada di atas meja ruang tengah. Saya baca ternyata  mendapatkan bingkisan paket dari Jakarta. Panitia BSM Edu Award.  Di dalamnya ada juga piagam penghargaan serta paket semacam buku sebagai bentuk apresiasi. Penasaran juga isinya apa. Saya pikir isinya adalah sebuah buku. Ya, buku tentang perbankan mungkin..??  hmm…daripada penasaran langsung saja tak buku. Dan..eng..ing..eng…..beneran buku!! Senangnya, tapi buku ini bukan sekedar buku. Senang sekali rasanya bisa mendapatkan paket al qur’an baru. Apalagi tulisan di covernya itu loh. “Spiritual Values, For better Indonesia’. Entah kenapa saya begitu menyukai kata-kata itu. Ada kekuatan besar yang saya rasakan disana “Spiritual Values, For better Indonesia’. Yah, mungkin inilah yang menyebabkan korupsi merajalela dimana-mana, karena tiap individu bangsa Indonesia belum mengamalkan nilai-nilai spiritual dari al qur’an, padahal dengan jumlah penduduknya yang mayoritas muslim. Ini tentunya kontraproduktif.

Ya memang sih, ada semacam pemikiran yang terlanjur tertanam pada sebagian penduduk Indonesia. Bahwa belajar dan menghafal al-Quran selama ini identik dengan aktifitas para santri yang sedang bergelut dengan pelajaran ilmu-ilmu keislaman di pondok pesantren, sementara para pelajar dan mahasiswa lebih sering dikaitkan dengan aktifitas belajar ilmu-ilmu umum dan teknologi modern. Hmm…. terbilang langka mahasiswa hafal al-Quran ataupun dosen hafal al-Quran. Saya pun malu sebenarnya pada diri sendiri sebagai pribadi muslim hafalan juga masih serba minimalis, Padahal kalau tak baca dan mau berkaca pada sejarah ilmuan-ilmuan muslim yang fenomenal dalam bidang filsafat dan sains pada abad pertengahan Islam, kita pasti akan mendapatkan segudang contoh orang-orang yang mumpuni di bidangnya, dan mereka rata-rata hafal dan menguasai al-Quran. Ibnu Rusyd, Ibnu Sina, al-Ghazali, Ar-Razi  dll, mereka adalah sosok ilmuan yang komplit, rumus-rumus fisika, kimia, astronomi dikuasai, tafsir, hadis, fiqh juga dipahami secara mendalam.

“Spiritual Values, For better Indonesia”, hmm….indahnya ya jika memang demikian hal nya. Dan saya yakin itu akan terjadi jika dalam setiap diri setiap warga Indonesia yang muslim, mau mengamalkan nilai-nilai spiritual al qur’an yang selalu terejawantahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hope for better Indonesia with qur’an.. Insya Allah… terima kasih atas kiriman paketan qur’annya, ini sekaligus jadi penyemangat diri untuk memaknai , mengamalkan dan harus lebih belajar tentang al qur’an.

“Spiritual Values, For better Indonesia”…

2013-01-12 07.47.42

Advertisements

One thought on “Paket dari Jakarta “Spiritual Values, For better Indonesia’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s