Kuala Kencana : Kota Terindah di Indonesia

2012-12-09 11.44.19

Penat di dengan Panasnya Kota Timika Papua?? Kuala kencana menjadi pilihan tepat untuk melepaskan segala jenuh, udaranya sangat segar sekali, Kota yang terkenal dengan zona hijau, kawasan tertib lalu lintas, dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap mulai dari sekolah dari PG –SMA standart international, perpustakaan,  zona rekreasi, sampai Hero Mall. Fasiltas masjidnya pun oke Punya, dilengkapi dengan peredam suara, demikian pula dengan bangunan gerejanya yang unik mirip banget seperti di Eropa. Bukan hanya itu saja, di kuala kencana ini ada alun-alun, dilengkapi dengan variasi lampu hias. Jadi, kalao mau ke kuala kencana pada malam hari tentunya akan lebih mempesona lagi. Banyak masyarakat di Kuala kencana yang sebagian besar pegawai Freeport terlihat banyak yang memakai sepeda ketika mau ke alun-alun kencana. Banyak juga yang memanfaatkan lapangan ini sebagai sarana olah raga. Jika bosen, ada banyak Fasilitas olahraga yang meliputi: lap. tenis indor dan outdor, lap. sepakbola karpet dan rumput, basket indor dan outdor, lap. golf taraf internasional, lap. voli dan voli pantai, kolam berenang taraf internasional, lap. squash, lap. badminton indor, fitness dan aerobik, dan atletik.

Kuala Kencana sendiri baru diresmikan tepat pada tanggal 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto (presiden saat itu). Kota ini didirikan dan dikelola sepenuhnya oleh PT Freeport Indonesia. Semua yang ada di Kuala Kencana sudah seperti kota-kota di luar negeri. Sistem saluran air hingga listrik semuanya melalui bawah tanah. Sepanjang jalan pun terlihat indah dengan taman-taman dan lampu-lampu yang berbaris sepanjang jalan. Kota ini juga menerapkan berbagai macam aturan, contohnya larangan menangkap/menembak/merusak flora-fauna dan ijin mengendara di kota.

Uniknya lagi tidak ada polisi yang patroli di sepanjang jalan, namun ketika ketika ketahuan melanggar peraturan lalu lintas ya siap-siap saja ditilang oleh polisi hutan (hehe, karena polisinya kebanyakan sembunyi di hutan katanya) dan akan tanda tembakan kalau kita melanggar aturan. Makanya kawasan Kuala Kencana ini merupakan percontohan banget untuk kawasan tertib lalu lintas. Pertanyaannya adalah …bisa gak ya kota-kota lain di Indonesia bisa seperti ini. Atauran Disiplin bukan hanya Simbolis namun memang untuk diimplementasikan. Muncul dari kesadaran bersama, dan sanksi yang tegas bila ada yang melanggar.

2012-12-13 11.34.27

 

****bersambung

 

Advertisements

2 thoughts on “Kuala Kencana : Kota Terindah di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s