TEORI KONSUMSI

1. TEORI KONSUMSI KEYNES

Menurut John Maynard Keynes, jumlah konsumsi saat ini (current disposable income) berhubungan langsung dengan pendapatannya. Hubungan antara kedua variabel tersebut dapat dijelaskan melalui fungsi konsumsi. Fungsi konsumsi menggambarkan tingkat konsumsi pada berbagai tingkat pendapatan. **dengan catatan asset tetap
C = a +bY => FUNGSI KONSUMSI

Keterangan :
C = konsumsi seluruh rumah tangga (agregat)
A = konsumsi otonom, yaitu besarnya konsumsi ketika pendapatan nol (merupakan konstanta)
b = marginal propensity to consume (MPC)
Y = pendapatan disposable

Dalam hal ini, pendapatan (Y) yang dimaksud oleh Keynes adalah :
1. Pendapatan riil/nyata (yang menggunakan tingkat harga konstan), bukan pendapatan nominal
2. Pendapatan yang terjadi (current income), bukan pendapatan yang diperoleh sebelumnya, dan bukan pula pendapatan yang diperkirakan terjadi di masa datang (yang diharapkan)
3. Pendapatan absolut, bukan pendapatan relatif atau pendapatan permanen.
b adalah marginal propensity to consume (MPC) atau kecenderungan mengonsumsi marginal, yaitu berapa konsumsi bertambah bila pendapatan bertambah. Dan secara matematis dapat dirumus :
MPC = perubahan C dibagi dengan perubahan Y atau MPC = C/Y
Dalam kurva konsumsi, MPC menunjukkan kemiringan/kecondongan (slope) kurva konsumsi. Marginal propensity to save (MPS) adalah berapa tabungan bertambah karena bertambahnya pendapatan.

Faktor Faktor yang mempengaruhi konsumsi

– Faktor subyektif
Adalah faktor psikologis meliputi
1. Iklan
2. daya tarik produk
3. harga yang diharapkan
4. tersedianya barang
5. jasa di masa yang akan datang dan perkiraan pendapatan dimasa yang akan datang

– Faktor Obyektif
1. distribusi pendapatan
2. kredit konsumsi
3. Asset
4. suku bunga

2. Teori Pendapatan Absolut
Dalam jangka pendek tidak proporsional terhadap pendapatan, dalam jangka panjang akan proporsional.

3. Teori Pendapatan Relatif
– Konsumsi dipengaruhi oleh lingkungan sosial
Misalnya aja ada tetangga beli HP terbaru, maka bisa jadi tetangga yang lain juga kepingin beli produk yang terbaru tersebut
– Konsusmi tidak hanya dipengaruhi oelh pendapatan sekarang tetapi juga pedapatan tertinggi pada waktu yang lalu

Dalam jangka pendek konsumi tidak proporsional, namun dalam jangka panjang konsumsi akan proporsional

4. Teori Pendapatan Permanen
Konsumsi roporsional terhadap pendapatan permanen, tetap tidak proporsional terhadap keseluruhan pendapatan

teori konsumsi keynes

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s