Info Tentang Beasiswa Calon Dosen DIKTI

dikti

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) yang merupakan program Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) Kemdikbud. Beasiswa ini merupakan penyatuan dua jenis beasiswa yang diberikan Dikti tahun lalu, yaitu Beasiswa Unggulan (BU) Dikti dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) yang khusus untuk dosen PNS.
Poin penting untuk penerima BPPDN 2013 Calon Dosen ini adalah kewajiban mengabdi setelah lulus, jumlahnya N+1 (N = masa studi).
beasiswa ini untuk jenjang magister (S2) atau doktor (s3). Program ini ditujukan diantaranya yaitu:
1. Dosen tetap perguruan tinggi (PNS atau bukan),
2. Calon dosen alias sarjana-sarjana yang tertarik ingin menjadi dosen,
3. Tenaga kependidikan di lingkungan Kemdikbud (PNS di lingkungan Kemdikbud yang ingin melanjutkan kuliah)
Kalo saya ngambilnya yang point 2 yaitu beasiswa calon dosen. Beasiswa calon dosen ini bisa diikuti lulusan perguruan tinggi manapun yang berniat melanjutkan pendidikan pascasarjana. Bisa jadi buat S1 yang ingin menempuh S2 atau lulusan S2 yang ingin melanjutkan S3.
ada dua proses yang musti dilakukan oleh calon penerima, yaitu
1. mendaftarkan diri untuk mengikuti program beasiswa ini secara daring (online) ke lamar Dikti di (http://beasiswa.dikti.go.id/dn/)
2. mendaftarkan diri ke program pascasarjana di universitas pilihan.

Pendaftaran ke universitas dan pendaftaran beasiswa ini dua hal yang berbeda. Jadi, pendaftar beasiswa BPPDN ini akan diseleksi tim verifikasi BPPDN dari Dikti dan harus mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di universitas seperti pada umumnya. Seleksi yang dilakukan Dikti pun hanya sebatas seleksi administrasi. Syarat utama penerima beasiswa calon ini ialah harus diterima dulu di universitas yang dilamar dan tentunya yang terakreditasi A, syarat umumnya maksimal berumur 26 tahun (biasanya terhitung 1 september setiap tahunnya), sedangkan IPK minimum yaitu 3,00 skala 4.

bidang keilmuan yang memunyai kesempatanbesar untuk memperoleh beasiswa Dikti diantaranya:
bidang kelimuan

Untuk lebih jelasnya, bisa dibuka di pedomannya langsung yah di tautan berikut
dapat dilihat atau diunduh melalui tautan berikut:
a. Sosialisasi: http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/download/file/sosialisasi_beasiswa-bppdn-dikti-2013final-bw.pdf
b. Panduan: http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/download/file/pedoman_bpp-dn_rev

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Leave a comment