Rekor Indonesia

indonesia

1.Negara kepulauan terbesar di dunia

Indonesia terdiri dari 17.504 pulau. 9.634 pulau diantaranya belum memiliki nama dan 6.000 pulau diantaranya merupakan pulau yang tidak berpenghuni (manusia).

 

2. 3 pulau termasuk dalam 10 pulau terbesar se dunia

Pulau Nugini (Papua), Pulau Borneo (Kalimantan) dan Pulau Sumatra termasuk dalam 10 pulau terbesar di dunia.

Urutan pulau terbesar mulai dari yang terluas adalah: Greenland (otonomi Denmark) seluas 2.175.600 km2, Nugini atau Papua (Indonesia dan Papua Nugini) seluas 890.000 km2, Borneo atau Kalimantan (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darusalaman) seluas 743.330 km2, Madagaskar seluas 587.041 km2, Pulau Baffin (Kanada) seluas 507.451 km2, Sumatra (Indonesia) seluas 425.000 km2, Honshu (Jepang) seluas 227.414 km2, Britania Raya (Inggris) seluas 219.000 km2, Pulau Victoria (Kanada) 217.291 km2 dan Ellesmere (Kanada) seluas 196.235 km2.

Sedangkan pulau Sulawesi berada di urutan ke-11 dengan luas 174.600 km2 dan pulau Jawa berada diurutan ke-13 dengan luas126.700 km2.

 

3. Negara maritim terbesar

Indonesia memiliki perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia mendapat pengakuan dunia yang tertuang dalam UNCLOS (United Nation Convention on the Law of the Sea) yang diratifikasi oleh negara-negara sedunia.

 

4. Garis pantai terpanjang kedua

Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada yakni 95.000 km yang merupakan 14% dari total panjang garis pantai yang ada di seluruh dunia.

 

5. Pulau Jawa pulau terpadat di dunia

Dengan kepadatan mencapai 979 jiwa per km2, pulau Jawa menjadi pulau terpadat di dunia mengungguli Honshu (Jepang), dan Britania Raya (Inggris).

 

6. Pulau buatan terpadat

Pulau Bungin yang berada dalam wilayah kecamatan Alas kabupaten Sumbawa NTB memiliki kepadatan 14.000 jiwa per km2 dengan luas yang hanya 8 ha. Saking padatnya kambing di pulau ini terbiasa memakan kertas, ikan kering, dan sobekan kain.

Hukum adat tentang perkawinan warga Bungin, menjadi alasan yang membuat Pulau Bungin tetap mampu menampung pertambahan jumlah penduduknya. Karena dalam hukum adat itu, diatur pasangan muda-mudi yang hendak menikah wajib membangun lokasi sendiri untuk mendirikan rumah mereka.

Caranya, pasangan itu harus mengumpulkan batu karang untuk ditumpuk pada sisi luar pulau yang ditentukan. Ukuran lokasinya bisa mencapai 6 x 12 meter persegi. Setelah lokasi terbentuk, baru mereka boleh menikah dan mendirikan rumah. Hal ini mengakibatkan luas pulau Bungin terus bertambah dari tahun ke tahun.

 

7. Terumbu karang terkaya

Diperkirakan, luas terumbu karang di dunia mencapai 284,300 km2. Indonesia mempunyai sekitar 18% terumbu karang dunia, dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia (dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 2500 jenis ikan, 590 jenis karang batu, 2500 jenis Moluska, dan 1500 jenis udang-udangan). Sayang sekitar 60% diantaranya dalam kondisi rusak.

 

8.Hutan tropis terluas ketiga

Luas hutan tropis Indonesia adalah 120 juta hektar (menteri kehutanan mengklaim 138 juta ha) dan merupakan terluas ketiga setelah hutan tropis Brazil dan Zaire di Afrika. Sayang, laju kerusakan hutan di Indonesia juga sangat tinggi bahkan tercacat dalam buku rekor dunia Guinness 2008 sebagai negara yang hutannya paling cepat mengalami kerusakan (deforestasi).

 

9. Spisies hiu terbanyak

Indonesia menjadi negara yang memiliki spesies hiu terbanyak di dunia dengan jumlah 150 spisies hiu diantaranya adalah hiu tutul.

Jenis burung terbanyak kelima

Indonesia memiliki 1.539 jenis burung atau sekitar 17% dari jumlah seluruh jenis burung di dunia dan 381 jenis diantaranya merupakan jenis endemik Indonesia. Dilihat dari total jenis burung, Indonesia menduduki urutan kelima setelah Kolombia, Peru, Brazil dan Equador.

 

10. Biodeversity Anggrek terbesar

Indonesia memiliki sekitar 5.000 jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua. Sayang, 2.000 jenis diantaranya kini terancam punah.

 

11.Hutan bakau terluas

Berdasarkan data yang dikeluarkan Mangrove Information Center (2006) menyebutkan Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia. Luasnya mencapai 25% atau 4,5 juta hektar, dari total luas hutan mangrove di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 18 juta hectare. Jumlah itu, setara dengan 3,8% dari total luas hutan di Indonesia secara keseluruhan. Sayang keberadaan bakau cukup memprihatinkan. Kini hanya tersisa 40% hutan bakau yang masih baik di seluruh Indonesia

 

12.Komodo, spisies kadal terbesar

Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

 

13. Rafflesia Arnoldi, bunga terbesar

Rafflesia arnoldi (Patma Raksasa) merupakan tumbuhan parasitobligat yang terkenal karena merupakan bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Tumbuhan ini endemik diPulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, danSumatera Selatan). Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini.

 

14. Tarsier Pygmy, Primata terkecil

Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung merupakan primata terkecil di dunia. Primata ini panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

 

15. Python Reticulata, ular terpanjang

Python Reticulata yang mempunyai panjang 10 meter ditemukan di Sulawesi.

 

16. Ikan terkecil

 Ikan dengan nama ilmiah Paedocypris progenetica ini ditemukan di lahan gambut Sumatera oleh tim peneliti dari Eropa dan Singapura. Tubuh ikan dewasa ini hanya sebesar nyamuk dengan panjang 7,9 mm. Ikan ini mengalahkan rekor ikan terkecil sebelumnya yang dipegang oleh ikan cebol (Trimmatom nanus), yang panjangnya 8 mm. Paedocypris progenetica masih satu keluarga dengan ikan gurame. Para penemu ikan ini mempublikasikan temuan itu dalam jurnal ilmiah Proceedings terbitan Inggris, pada Januari 2006.

Mungkin masih ada beberapa rekor lain yang terlewat atau justru rekor yang saya kumpulkan ‘terlalu kelewatan’. Silahkan rekan-rekan bisa mengoreksi atau mendiskusikannya.

 

 

Sumber : http://alamendah.wordpress.com/2009/07/02/rekor-alam-indonesia/

Advertisements

Manisnya Indonesia

Memang manis manis gula gula
begitu juga negeri kita tercinta
banyak suku suku dan budaya
ada Jawa Sumatera sampai Papua
semuanya ada di sini
hidup rukun damai berseri seri

ragam umat umat agamanya
ada Islam ada Kristen Hindu Buddha
semuanya ada di sini
bersatu di Bhinneka Tunggal Ika

Indonesia negara kita tercinta
kita semua wajib menjaganya
jangan sampai kita terpecah belah
oleh pihak lainnya

pancasila dasar negara kita
dengan UUD empat limanya
jangan sampai kita diadu domba
oleh bangsa lainnya

-pujiono-

Pantaskah Surga Untukku ?? – Tegar

pantaskah surga

Mengapa begitu berat
jalankan segala perintah Mu
Begitu banyak rintangan
tuk mengarahkan wajah
bersujud kepadamu Tuhan
wooo ooo

Indahnya dunia ini
membuat orang terlena
Bekerja terus bekerja
Tak kenal waktu dan tak kenal lelah
hoooo

Gema adzan Subuh, aku lelap tertidur
Gema adzan Dhuhur, aku sibuk bekerja
Gema adzan Ashar, aku geluti dunia
Tuhan, pantaskah surga untukku

Link -tegar pantaskah syurga Untukku

Gema adzan Subuh, aku lelap tertidur
Gema adzan Dhuhur, aku sibuk bekerja
Gema adzan Ashar, aku geluti dunia
Tuhan, pantaskah surga untukku

Gema adzan Maghrib, aku di perjalanan
Gema adzan Isya’,lelah tubuhku Tuhan
Tak pernah lagi ku baca firman MU
Tuhan tolonglah hambamu uuhuu
Tuhan

Jangan menyesal dan jangan kapok #NotesFIMBlusukan

prau
(Puncak Prau, Dieng)

Pergi ke Dieng, Hunting sunrise di Sikunir maupun Gunung Prau ternyata menyisakan bermacam pengalaman. Ada yang dimanja oleh pemandangan luar biasa indah, ada pula yang harus “kecewa” karena kabut tebal menyelimuti puncak, sehingga tak bisa menikmati view Golden Sunrise terindah di dunia. Atau bisa jadi seperti kawanku yang kemarin juga naik ke puncak prau, namun hujan hujan badai di puncaknya, sayang sekali kurang beruntung. Di musim penghujan seperti sekarang ini, Gunung Prau tampak eksotis dengan tumbuhnya bermacam bunga dan rumput yang menghijau (seperti pada gambar). Namun disisi lain jika anda tidak beruntung, hujan di pagi hari akan menyembunyikan semua keindahannya. Begitu pula dengan Sikunir, jika kabut datang maka view akan hilang dan kita perlu mengulanginya kembali lain waktu, di lain kesempatan. Jangan menyesal dan jangan kapok, ketika alam berkeputusan kita hanya bisa menerima.

Masih banyak tempat lain yang tak kalah indah, yang bisa kita nikmati. Begitu pula dengan kulinernya yang sederhana dan ndeso namun sangat enak dan khas. Tempe kemul, mie ongklok atau nasi megono.

Bagi pendaki sejati menikmati setiap proses jengkal langkah naik puncak juga termasuk kenikmatan tersendiri. Menikmati kabut tebal juga termasuk keindahan tersendiri. Subhanallah… luar biasa CiptaanNya. Dan ada satu hal yang membuatku bersyukur, kita masih muda untuk mendakinya lagi. Di Puncak, aku melihat perjuangan sepasang kakek nenek tua diaspora Indonesia Singapura, kami berkenalan, namanya Bapak dan Ibu Tabri , 20 tahun yang lalu mereka bercita-cita mendaki Dieng, namun baru sekarang kesampaian. Jauh-jauh dari Singapura mendaki untuk menikmati golden sunrise, namun sama seperti kita “kabut” yang yang di temui. Luar biasa, tak ada ekpresi kecewa terlihat di wajah mereka, karena mendaki bersama keluarga lebih utama menurut mereka. Memang hidup harus dinikmati, tidak dapat golden sunrises, berbagi makan kentang goreng di puncak pun sudah membuat bahagia, dan kebersamaan kita tentunya jauh lebih berharga.

IMG_4918
Powerwush bersama bapak & Ibu Tabri

IMG_4931
Gunungnya tertutup kabut tebaln 🙂

IMG_4938
para pendaki puncak sikunir

Selamat menikmati #FIMBlusukan di Wonosobo. Jangan menyesal dan jangan kapok, ketika alam berkeputusan kita hanya bisa menerima.
Yogya, 05 Februari 2014
@danurosmas

IMG_4937
gengs #FIMBlusukan2014, habis makan kentang goreng.

Jika hati senantiasa berniat baik

“Jika hati senantiasa berniat baik; Allah akan pertemukan dengan hal yang baik, orang-orang baik, tempat yang baik,& kesempatan berbuat baik” -#FIMBlusukan 2014-02-04

 Bukan kompetisi , bukan perlombaan apalagi gagah-gagahan, #FIMBlusukan hanyalah mblusuk ke kampung dengan niatan sederhana ‘menebar kebaikan’ , aku jadi inget komentar salah satu pejuang FIMBlusukan, jebolan tim macan FTR “ingin menebar kebaikan malah mendapat banyak kebaikan”

 Hmm… seneng, haru, entah kenapa aku sangat yakin  “Jika hati senantiasa berniat baik; Allah akan pertemukan dengan hal yang baik, orang-orang baik, tempat yang baik,& kesempatan berbuat baik”

 

 

Kegiatan FIMBlusukan ini sama sekali gak ada persiapan khusus, koordinasi dengan pihak sekolah aja cuman 1 kali, itu pun 1 minggu sebelum hari H.  Ada request dari pihak sekolah tantang maulid nabi itupun  baru H-2.  So, kami pikir kegiatan kami ya Cuma di kelas biasa, semacam kayak ngajar gitu. Kami pikir juga pesertanya hanya kisaran puluhan aja.

 >Hmm… namun ternyata tidak.  Di hari pertama, jumat sore, hujan deras. Mendongeng di TPQ Al Ishlah yang berada di komples pondok Pesantren Darul Ishlah,  diikuti oleh sedikitnya 125 santri madrasah diniyah. ini dia santri-santrinya 🙂
di TPQ Al ishlah

 

Esoknya lagi, jam 08.30  sekolah request tema Maulid Nabi.  Ya kami pikir juga kegiatan dongeng biasa, rapat buat persiapan pun ala kadarnya disambi sambil makan malam.  Belum lagi juga bahas konsep untuk materi Character Building di SMA 2 Wonosobo, siapa yang mau dan bla…bla…. Intinya cuman ngobrol ringan aja pembagian Job kegiatan hari H. Prinsipnya jalani aja.. yang penting kita menikmati setiap detik kegiatan. Dan bisa main werewolf , hehehe, 

 

 

Nah ini esok harinya jam 08.30 , baru masuk  gedung serba guna kaget tiba2 ada spanduk gini
IMG_4349

hehe, (abaikan keterangan stasiun TVnya yah, pokoknya sangat apresiasi sudah bikinin spanduk sambutan. itu ditempel tinggi banget di depan gedung serba Guna. kami baru sempet foto setelah acara usai spanduk selamat datang diturunkan IMG_4647

 

 

 

 

 

Makin haru lagi waktu liat isi ruang gedung serba guna Desa Suren gede , wow…. ada sekitar 521 siswa MI dan TK. 
2014-02-01 10.19.50

 

Coba liat di backdrop panggung, judulnya juga kerjasama Forum Indonesia Muda Dengan MI Maarif Suren Gede Maulid Nabi di MI Maarif Suren Gede 

 

 

Semua berjalan apa adanya saja, gak by setting, mengalir aja. Yang penting menikmati prosesnya. Nunjuk MC pun ya langsung aja.. hehe selamat ya buat Aa Nurmy dan Mama Dhian alias Bunda KW5 :p yang membawakan acara dengan sukses. Diluar perkiraan ya, bagiku ini keren banget.

 

Yang jelas, impian buat bawa ulang oleh-oleh “Crombro” juga kesampaian kan?? Hehehe…

 

Masih ada kejutan lagi, acara udah selesai, eh belum bikin rilisnya. Giliran sudah bikin rilis dan siap dikirim ke media. Malah pagi-pagi  dapet sms isinya kayak gini.. – Wonosobo Ekspress, hal 14-  dari pak Muhammad kepala MI Maarif. 1184761_3815910413343_891510037_n 

Itu dia bentuknya ya, jujur aja termasuk masuk koran juga bukan tujuan kami, tau-tau ada wartawan aja yang meliput, hehe… Alhamdulillah ya… smoga makin membuat kita semangat, menginspirasi dan berbagi kebaikan , karena “Jika hati senantiasa berniat baik; Allah akan pertemukan dengan hal yang baik, orang-orang baik, tempat yang baik,& kesempatan berbuat baik”

 

salam
#FIMBlusukan
@danursosmas

KebesaranMu, Allah.

Kau tempatku mengadu hati
Pemberi segala hidup
Dunia dan seisinya milik-Mu
Mencintai-Mu sejati
Ku manusia yang penuh dosa
Berharap ampunan-Mu
Lihat di langit kesempurnaan hadir-Mu
Kau cinta pertama dalam hidup

Allahu Akbar Maha besar
Memuja-Mu begitu indah
Selalu Kau berikan semua
Kebesaran-Mu Allah
Kebesaran-Mu Allah….

Lirik lagu ST12 diatas mendadak ngehits di kampungku, selepas kegiatan #FIMBlusukan tepatnya di TPQ Al Ishlah, bukan hanya di TPQ Al ishlah, di madrasah ibtidaiyah pun menjadi soundtrack ketika anak-anak mau berangkat sekolah, termasuk keponakanku, Ayu, dan juga 1 temennya yang mendadak suka nyanyi “kebesaranMu” sebelum berangkat ke sekolah tadi pagi.

Ini satu moment yang paling berkesan buatku, sebuah kenangan lagu yag juga dikenang oleh adik-adik TPQ Al Ishlah, MI Maarif dan Juga MI al kayyis, yang juga kudengar ada nyanyi lagu ini jam setengah 3 dinihari, sesaat sebelum kami meninggalkan kompleks pondok pesantren Darul Quran di gunung tawang. Aku sempet bayangin kalo kita nyanyinya jam setengah 3 dinihari, apakah akan lebih meresap lagi makna lagu tersebut di hati ???

ini moment saat menyanyikan lagu KebesaranMu
momen kebesaranmu al ishlah
saat menyannyikan KebesaranMu di TPQ Al Ishlah, sore hari saat hujan deras.

momen kebesaranmu Mi Maarif
kalo yang diatas ini saat nyanyi di MI Maarif Suren Gede, didengar oleh sekitar 521 anak

kesempurnaan al kayyis
dinyanyikan di malam hari disertai gerimis, lagu inilah yang “menenangkan” anak-anak MI Al kayyis. 🙂

Semoga dengan lagu tersebut, makin mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT. Terimakasih untuk saudaraku, Rona Mentari, teman2 seperjuangan saat FIMBlusukan yang telah menyajikan lagu kebesaranMu dengan sepenuh hati dan senyum ceria , meski aku tau kondisimu sedang capek dan suaramu nampak serak berat apalagi waktu mengisi di al kayyis, . namun…. lihatlah… hasilnya pun Insya Allah diterima dengan sepenuh hati dan melekat di hati anak-anak…. dan nyatanya lagu tersebut banyak dikenang dan dinyanyikan anak2 pasca kegiatan Wonosobo mendongeng, sangat simpel memang dan mengena dalam ingat anak-anak. dan paling berkesan buatku pribadi dan bikin sedih, apalagi sebelumnya pejuang #FIMBlusukan mengawali dengan berdoa bersama untuk almarhumah Mbak Shinta salah satu pejuang #FIMBlusukan yang telah gugur mendahului kita semua sebelum hari H.

Akupun menulis di blog ini dengan iringan lagu “KebesaranMu…”
Terima kasih untuk smua pejuang FIMBlusukan (Azzam, Afif, Nurmy, Enra, Ista, dhian, fauzan, andin, rona) . smoga Allah membalas segala kebaikan kalian. Aamiin.

F12, Senin 3 Februari 2014 pukul 16.16
@danursosmas