Ghufron : Hatta Muda dari Kepulauan Sula | KKPStory #1

Kamis pekan lalu, 19 November 2015, sebelum sesi pelatihan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) dimulai, pelajar SMP dari seluruh penjuru nusantara mulai mempraktikkan gerakan membaca 15 menit, mereka membawa buku kesayangan mereka untuk dibaca bersama di aula Garuda, Pusdiklat Kemendikbud di Sawangan.

15 menit usai, lanjut ke sesi materi berikutnya.sampai menjelang siang, sekitar jam 10an, anak-anak dipersilahkan untuk coffee berak sambil beristirahat sejenak, saya pun ikut mengantri coffee break di belakang anak-anak. Ada pemandangan yang diluar kebiasaan anak-anak pada umumnya saat mengantri mengambil secangkir teh dan beberapa kue. Lebih banyak mereka sambil ngobrol, dan sibuk dengan gadget di tangannya. Ada satu anak, badannya kecil, dia ikutan mengantri dan ditemani sebuah buku di tangannya. Rupanya anak itu sedang asyik membaca buku dengan cover warna biru laut.

antri sambil membaca

Ghufron yang sedang antri sambil membaca

kalau yang ini suasana di aula garudaa saat membaca 15 menit
IMG_0783

IMG_0789

Setelah selesai mengantri, saya berjalan mendekati anak itu, menyapa dan mengajaknya ngobrol dengan ditemani secangkir the manis di tangan. Anak itu duduk bersama dengan sahabat se provinsinya yaitu anak-anak dari Provinsi Maluku Utara. Anak itu sangat ramah, namanya Ghufron, perwakilan dari Kabupeten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Hmm… mendengar nama kabupatennya terasa asing di telinga, sayapun makin ingin tau lebih dalam lagi, Ghufron bercerita bahwa butuh waktu 3 hari menuju lokasi KKP.

Kabupaten Kepulauan Sula dengan ibukota Sanana terletak paling Selatan di wilayah Provinsi Maluku Utara. awalnya menjadi bagian dari Kabupaten Halmahera Barat.

Sula_Islands_Topography

seperti ini bentuk kepulauan Sula

Jaraknya sekitar 284 km dari Kota Ternate. Ghufron menempuh perjalanan dari Kepulauan Sula menuju Kota Ternate dengan jalur laut. Berangkat sekitar jam 5 sore, dan sampai di Kota Ternate jam 7 pagi. Anak pemberani, dan ia melewatinya seorang diri, kalau saya tidak salah ingat, kepala sekolahnya yang mengantarkan hingga ke pelabuhan.

Hati terkagum, luar biasa, anak-anak seperti Ghufron inilah yang dibutuhkan negeri ini. Sosok anak yang cinta ilmu dan haus membaca. Seperti karakter pemimpin di zaman dahulu yang memberikan teladan kepada rakyatnya untuk gemar membaca. Bung Karno gemar membaca sampai ke toiletpun ia membawa buku. Bung Hatta jika kembali lawatan dari luar negeri membawa berpeti-peti buku.

Coffee break usai, sempat berfoto bersama anak-anak hebat dari Maluku Utara, saya pun kembali melanjutkan tugas sebagai fasilitator kelompok.

Bersama Pelajar Hebat dari Provinsi Maluku Utara

Bersama Pelajar Hebat dari Provinsi Maluku Utara

**
Besok paginya, tanpa sengaja saya ketemu lagi dengan Ghufron di kantin pusdiklat, akhirnya sarapan bareng, kami kembali ngobrol-ngobrol santai, dan tiba-tiba dia berterima kasih

G : Terima kasih kak, Buku Bung Hattanya bagus, saya waktu SD sudah membaca buku-buku Soekarno. Itu buku milik sekolah. Ini baru pertama saya baca buku Bung Hatta

Ghufron juga bercerita, kalau buku yang dia baca di coffee break adalah buku punya teman barunya di KKP, dia ingin menyelesaikan buku temannya karena sangat bagus, di Kepulauan Sula tidak ada buku semacam itu, buku tentang dongeng.

Ia nampak bahagia dengan buku Bung Hatta di tangannya, bahkan saat makan pun ia tenteng. Hehe.. saya cuman nyengir saja, seharusnya berterima kasihnya ke Bunda Tatty Elmier, yang ketika saya menyampaikan ke bunda, bahwa ada anak waktu mengantri coffe break membaca buku, Bunda langsung sigap memberikan apresiasi memanggil Ghufron di atas panggung, dan menghadiahkan buku Bung Hatta kepada Ghufron. Terima kasih Bun.. semoga seperti doa Bunda, kelak ia akan tumbuh menjadi Hatta muda dari Maluku Utara. Aamiin…

Yogyakarta, di Hari Guru, 25 November 2015, tulisan ini ditulis di detik-detik menjelang yudisium S2 saya, semoga menjadi inspirasi bagi saya di hari Guru ini… 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s