Tak Pamrih dalam bekerja

Bekerja dengan Ikhlas itu bukan tanpa pamrih. Kerja ikhlas itu punya pamrih. Pamrih untuk mendapat ridhaNya, pamrih untuk menebarkan kebaikan, pamrih karena setiap yang memudahkan urusan orang lain, maka segala urusannya pun akan dipermudah..

 

Hari ini tepat 1 pekan aku safar ke Bandung dalam rangka memenuhi sebuah janji yang sempet tertunda, yakni sharing di MaBim (Madrasah Ibtidaiyah Bina Insan Mulia) di Gading Tutuka 2 jalan Soreang Kab Bandung.

Ini kali pertama aku ke sana… daerah yang awam bagiku.. sebenernya saya sudah mempersiapkan map+ beberapa alternatif angkutan umum menuju ke lokasi. Mungin karena terbiasa mbolang, jadinya inginnya malah bisa sampai lokasi sendiri. Pake angkutan umum. Hehe… ini saking baiknya shohibul bait, aku dijemput si stasiun Bandung, jam 4 lewat dikit. Tepat waktu… karena pas keluar stasiun.. pas ktemu di dekat pintu keluar.

Hmm… bukan itu sih yang mau tak critakan… ke esokannya… waktu mau ke sekolah… bapak supir yang menjmeput kami di Margahayu Permai… tiba-tiba bliau meminta maaf ke saya… “maaf ya neng, kemarin sore saya tidak bisa menjemput di stasiun karena badan meriang…”

Aku sih cuman nyengir saja “wah…gakpapa santai saja pak..” tidak biasa manggi “A-a’ agak kagok aja… dalam hati mbatin (ini ngapain coba pake minta maaf segala). Bliau sangat ramah… tas ku yang isinya cuman dikit saja sampe dibawakan… padahal sudah bilang “tak usah…”

Sampai di Mabim…ada temen yang tersesat.. bliau juga yang akhirnya jemput… wah.. trima kasih pak Nanang…

Saat jelang pulang ke Jogja, juga demikian… bliau begitu ringan tangan.. dan inisiatif… saat bis yang saya tumpangi belum datang… bliau bela-belain nyari dulu nomor plat Bisnya… memastikan posisi bis nya dimana. Padahal aku udah bilang ‘nanti kalo bisnya dateng, petugas triak-triak koq pak..”.

“A’ nanang emang terlalu rajin” kata mba Lulu…

hehe iya sih… posisi bisnya beneran dicarikan..bahkan sampai tempat duduk juga dilihatin… bliau menunjukkan letak bis nya dan juga harus duduk di sebelah mana…

dari bliau ini saya belajar… makna bekerja yang tulus… tak perhitungan… ringan tangan… dan begitu memuliakan tamu… hal yang sangat jarang di era sekarang…segala sesuatu nya diperhitungkan..

maksih ya pak Nanang… semoga Allah membalas segala kebaikanmu… aku tau bapak gak mungkin membaca ini… makanya aku posting disini…hehe…

IMG_1777

ini pak nanag lagi duduk… ambil foto nya dari jauh… ><

sambil nunggu sore di yogya, 25 des 2015.

Leave a Reply

