Dibalik layar ke Mabim

Kalau kita sudah berhasil, akan menjadi suatu kebahagiaan jika kita berhasil menularkan ilmu keberhasilan itu kepada orang lain. Kita memberi satu, Allah akan balas 100, kalau kita memberi 100, Allah akan membalasnya dengan ganjaran sejuta, bahkan mungkin sesuatu yang tak ternilai harganya. Intinya janglah pelit membagi ilmu. karena takkan pernah habis apabila kita membaginya..bahkan akan semakin berkembang….karena kita akan semakin banyak belajar dan semakin ada dorongan untuk mengembangkan diri…

 

IMG_1752

Tak terasa sudah sepekan yang lalu berkunjung ke Bandung, lega rasanya, dapat menunaikan janji yang sempet tertunda. Sebenernya rencana ke Mabim adalah selepas aku sidang pendadaran. Qadarallah sidang (29 Oktober 2015), karena satu dan lain hal akhirnya molor hingga 19 Desember 2015. Alhamdulillah… Ada ketidaktenangan memang kalo masih ada janji yang belum tertunaikan… sebelumnya rencana 12 Desember, namun karena ada kegiatan manasik umroh, akhirnya diundur.

Menuju 19 Desember, ada saja halangannya, seperti biasa, jelang libur panjang pasti sold out. Bolak-balik mantengin tiket online, berharap ada yang mengcancel… dan Alhamdulillah… dapet tiket bisnis Lodaya Pagi. Karena memang aku mengejar jumat pagi berangkat ke Bandung, agar pekerjaan di jogja terselesaikan. Sebelumnya juga masih padat kegiatan jambore desa, dan baru sampai di jogja kamis sore. Kondisi memang kurang fit, batuknya itu lho.. sampai Bandung pun masih batuk.

Jam 4 lewat 15 menit sampai di statisun Bandung… malam pertama bermalam di margahayu permai… seneng banget dapat diskusi banyak hal..soal kuliah dan sebagainya sama pak Syihab… hehe agak minder juga.. udah doctor.. fasih bahasa arab juga.. aku ngiri.. karena bukunya itu lho bejibun banyaknya.. dan smua rata-rata berbahasa arab…dan gundulan.. Semoga menjadi ilmu yang barokah pak.. sehat wal afiat selalu untuk umat…

bersama Dr. Syihab (akunya dikit bergaya..bapaknya tetep cool.. hehehe..)

bersama Dr. Syihab (akunya dikit bergaya..bapaknya tetep cool.. hehehe..)

**
Pagi sampai mabim kira-kira jam 7 lebih
Alhamdulillah kondisi lebih seger… anehnya saat ngisi sharing di depan adek-adek ,batuknya lumayan reda.. hehe..mungkin karena seneng kali ya… efek positfnya batuknya jadi ilang.
Dijadwalkan sebenernya jam 08.00 acara sudah mulai. Namun karena macetnya Bandung minta maaf kalo weekend, pengisi acara + MC terjebak macet dan juga nyasar.. karena sudah lewat jam 08.00, aku juga udah resah.. kasian anak-anak kalo disruh nunggu lama. Ya aku juga pernah muda ya… paling males yang namanya disruh ‘menunggu’. Akhirnya aku minta ijin sama mba mila dan mba lulu buat masuk ke kelas, sekedar manfaatkan waktu untuk menunggu pengisi acara dan MC dateng.. aku tawarkan untuk nonton film, durasi pendek, dengan harapan ketika film selesai yang mengisi acara sudah berada di Mabim… dipilihlah flm ‘cinta siubuh’, hehehe… film yang bikin anak-anak baper. Ya habis diluar scenario juga…
Ehh ternyata…saat film selesai yang ngisi dan MC juga belum dateng… yowes anak-anak minta kenalan dulu…. Tidak ada CV yang dibaca sih.. cuman lumayan ada video profil yang di stel.. kelar video… dibahas sedikit… Alhamdulillah MC yang ditunggu-tunggu (teh sifat) dateng juga…

IMG_1703

Hmmm… Karena masih baru banget sampai sambil mengeha nafas kali ya.. malah ditodong buat ngisi duluan di sesi 1, yowes akhirnya lanjut… jadi ya ngalir saja saat sharing session.. dan mohon maaf kalo gak maksimal karena memang diluar scenario. Rencana awalku sih ya.. aku akan nyiapin materi ketika pembicara lainnya mengisi (kan lumayan masih ada waktu hingga break duhur…). Ya… kadang rencana emang gak sesuai harapan. Tapi.. enjoy saja sih ya… mengalir dan apa danya juga asik koq.. Cuma memang ada yang terasa masih kurang..

Aku sangat bersyukur, temen-temenku di Bandung dan sekitarnya sangat membantu… jarak antara kepastian tanggal dan persiapan terhitung cepat…. Alhamdulillah… beruntung banget mengisi di mabim nya dibersamai oleh orang-orang yang keren… ada teteh Sifat cantik yang bikin suasana rame, hehe … ada shelda, ada mas Abas seniorku di BEM KM UGM, dan istrinya juga ikutan (mba dila). Temenku di Bandung juga sempet aku repotin.. mas Heri dan tim sibejoo.. yang akhirnya tak minta buat benerin computer Mabim yang belum terinstalasi… maaf ya mas.. jadi merepotkan.

bersama mas Abas, mba dila dan aila...

bersama mas Abas, mba dila dan aila…

bersama mas heri, inuk, mas alex.

bersama mas heri, inuk, mas alex.

**
Selepas ashar.. seneng banget rasanya bisa ikutan ‘murojaah’ bareng adek-adek mabim.. mengingatkanku akan kehidupan ketika di asrama.. yang namanya ‘murojaah’ bersama akan selalu jado moment yang selalu dirindukan.. disitulah malaikat-malaikat berkumpul… akan mengaminkan doa-doa kita. Maka… niatkan murojaah menjadi sesuatu yang sakral, bukan hanya penggugur kewajiban semata.
Selesai murojaah.. aku pun harus pamit ke anak-anak… sedih memang… meski hanya sebentar.. jujur aku sangat senang pernah menjadi bagian di Mabim…pengurusnya juga sangat ramah.. ada mbak Milla alias mba Cile.. ada mba Cikong… hehe..nama aselinya gak ngerti.. tapi yang jelas ngajar bahasa korea apa ya.. ada adek kecil Hafdz juga.. yang butuh waktu lama juga ya buat akrab dengan adek satu itu.. hehe
rasa senang itulah yang meruntuhkan segala capek yang terasa.. berganti energy baru…dan semangat baru tentunya.. aku sangat terkesan dengan anak-anak mabim yang begitu luar biasa.. hari-hari mereka di isi dengan ‘kebaikan-kebaikan’ jadwal tersusun rapi.. dan mereka bukan hanya belajar ilmu dunia.. tapi juga di target hafalannya.

***
Jelang maghbrib.. balik ke margahayu permai.. rumah mba Lulu… hehe.. makasih ya mbak.. udah ditraktir “awuk”. Lumayan enak..
Hehe.. maaf kalo agak kurang focus.. karena tiket belum ditangan… bolak balik ngecek tiket.. baik bisnis maupun eksekutif smuanya habis… pilihan terakhir ya naik bis… karena memang harus segera kembali ke jogja…

Di Bandung… memang tidak merencanakan untuk jalan-jalan… mungkin di lain kesempatan bisa mbolang lagi di Bandung… mengulang masa di tahun 2012, terakhir ke bandung pada saat itu.. naik angkot hingga ke lembang…. Ke taman djuanda… menyusuri kota..
Perjalanan kali ini ada kejutan dari Allah… gak direncanakan juga ternyata ada suami bu Iis yang ikutan mobil dan akan mengantarkan baju ke lokasi pelatihan… padahal sehari sebelumnya saat di Mabim sempet menyayangkan.. ‘wah..sanyang banget gak ktemu bu Iis kepala sekolah Mabim, karena ada diklat’
Memang… kalo Allah sudah mentakdirkan bertemu ya akan bertemu juga… terima kasih atas sharingnya… meski hanya sebentar.. tapi banyak ilmu yg di dapet dari bliau.. karena memang cita-citaku juga kelak akan punya yayasan.. insya Allah… makanya harus banyak belajar dari orang-orang yang berjuang di yayasan.. agar dapat tau suka dukanya kayak gimana.

tidak direncanakan ketemu dengan Bu Iis

tidak direncanakan ketemu dengan Bu Iis

**
Alhamdulillah… jam 7 malam sudah sampai di terminal Cicaheum.. bis berangkat jam 07.45 wib..
Terima kasih buat mba lulu.. yang sudah memfasilitas… bahkan nungguin hingga bis nya dateng.. maaf kalo banyak merepotkan..
Perjalanan cukup lancar.. meski harus muter lewat Semarang… hehe..alhamdulillah smapai jogja jam 9 pagi…

yogya, 28 Des 2015
menanti sore di Laboratorium Komputer Magister Manajemen Agribisnis…

**
album kenangan https://www.facebook.com/NurSaudahAlArifaD/media_set?set=a.10201380790717310.1073741876.1700371357&type=3&pnref=story

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s