Apa Keuntungan Berbagi?

11049114_1456665654633596_7988170306519358362_n

Seringkali saya ditanya oleh temen atau kenalan yang kebetulan menjadi friendlist di media sosial, “Mbak, kalo diliat media sosialnya sering banget keliling buat kegiatan sosial, gak capek? emang apa untungnya ? apa Gak boros po?”

Hmm… kalo ditanya gitu pasti spontan langsung senyum nyengir. Hehe, apa ya, saya sendiri juga bingung ngejawabnya. Tapi, biasanya satu hal penting untuk disampaikan sebagai subtansi jawaban adalah “karena berbagi itu pada dasarnya adalah sebuah kebutuhan”, ketika kebutuhan itu tidak dipenuhi maka akan terasa ada yang kurang, nah kalo ditanya apa keuntungannya apa? kalo saya lebih sering menyebut sebagai ‘benefit’ Kalo saya mengelompokkannya menjadi ada 2 hal.

Pertama, Intangible Benefit. Benefit yang hanya bisa dirasakan. Contohnya kesenangan batin. Rasanya seneng aja kalo habis ada kegiatan sosial, tambah bahagia, tambah semangat, semakin banyak bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan, rasanya tak patut kita mengeluh jika kita melihat di sekeliling kita ternyata masih banyak yang kondisinya jauh memprihatinkan.

Kedua, Tangible Benefit. Disini kita bicara benefit yang dapat diukur dan dihitung, contoh nyatanya ya dengan bersilaturahmi menjelahi wilayah baru kita akan mendapat temen baru, mendapatkan keluarga baru, mendapatkan jaringan-jaringan baru. Adapula yang bertemu jodohnya disana (tapi bukan saya, hehe).

Sebenernya saya lebih suka dengan istilah “silaturahmi” dibandingkan dengan “bakti sosial”, sehingga selalu ketika diminta memberikan sambutan kalimat yang menjadi pembuka ialah “saya kami sangat berbahagia dapat bersilaturahmi di desa ini… “ karena pada dasarnya juga kegiatan sosial sebagai sarana mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah (solidaritas).

Kalo ditanya “boros enggak?”, jawabannya kalo ukurannya ‘materi’ ya boros, habisin waktu, energi dan duit tentunya. Karena untuk pergi ke lokasi pelosok tentunya juga persiapan yang matang, waktu, tenaga dan uang tentunya harus siap. Namun, kalo pola pikirnya kita ubah, bahwa berbagi adalah “INVESTASI” sebagai sebuah perniagaan, maka motivasinya akan menjadi lain lagi.

Berbagi Adalah Salah Satu Perniagaan Yang Tidak akan pernah Merugi

Berbicara soal berbagi, saya jadi ingat (Q.S. Fathir: 29 – 30) yang berbicara tentang 3 perniagaan yang tidak akan pernah merugi.

: إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ(29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

” Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,  agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Q.S. Fathir: 29 – 30).

Nah, dari ayat tersebut sangat jelas ada poin yang menyatakan bahwa “Menafkahkan sebagian rizki yang diberikan Allah baik secara rahasia maupun terang-terangan” termasuk salah satu perniagaan yang takkan pernah merugi. Karena apabila kita melakukannya seakan-akan kita berniaga dengan Allah. Dengan modal ketiga hal tersebut (membaca kitab, mendirkikan shalat dan berbagi sedekah), Allah berjanji akan memberikan keuntungan yang besar. Keuntungan tersebut diwujudkan dengan menyempurnakan pahalanya, satu berpahala sepuluh, atau berpahala tujuh ratus atau bahkan keuntungan itu dilipat gandakan hingga tak dapat dihitung nilainya. Di samping pahala yang sempurna, juga akan ditambah dengan karunia yang lain yang tidak terbayang sebelumnya.

masih kah bertanya apa keuntungan berbagi??

To be continue…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s