About Me

Nur Saudah Al Arifa D., S.TP., M.Sc.

Pemilik akun @danursosmas. pernah berkarya menjadi Peneliti pada Kelompok Kerja untuk Daya Saing Indonesia (KKDSI UGM) yang berkantor di F-12 perumahan dosen UGM.

Punya hobi travelling dan blusukan menjelajah ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi. Tahun 2015, gagasannya dalam dunia pangan dan pertanian Indonesia diwujudkan dalam  buku “5 Pilar Kedaulatan Pangan Nusantara” yang diterbitkan UGM Press dan Buku Daya Saing Pertanian Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dalam dunia pemberdayaan masyarakat, beberapa project yang ditangani diantaranya

  1. Pemberdayaan  Masyrakat berbasi Ekonomi untuk Korban Gempa Bantul, melalui program pengolahan Kripik Bonggol Pisang di Dusun Ponggok, Kecamatan Bambanglipuro
  2. Optimalisasi Pengolahan Kelapa Terpadu di Desa Tersan Gede, Kecmatan Salam , Kabupaten Magelang
  3. Desa Binaan di dusun Papringan yang berada di Bantaran Kali Gajah Wong Yogyakarta
  4. Program Trauma Healing untuk Korban Erupsi Merapi, di Dusun GondangPusung, Cangkringan, Yogyakarta
  5. dll

Saat belajar di Teknologi Pertania, ia sangat gemar mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa di Bidang Kewirausahaan Berbasis Pangan, dan Bidang Pengabdian Masyarakat dengan mengolah sumberdaya lokal agar mempunyai nilai tambah.

Merupakan Peraih Penghargaan Tokoh Perubahan Indonesia Young Islamic Leader Awards International Moslem Students Summit (IMSS) yang saat itu diselenggarakan di Bandung dan menjadi satu-satunya wanita di ajang itu, pernah memenangkan kompetisi Bank Syariah Mandiri (BSM) EDUcation-AWARD tahun 2012  karena berhasil mengangkat profil sebuah SD yang terpelosok di hutan jati di kawasan Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Penghargaan Gadjah Mada Award kategori aktivis Sosial Terbaik pernah disematkan untuknya di tahun 2013, karena kontribusinya membangun gerakan sosial di UGM.

Putra daerah Wonosobo. Alumni SMU 2 Wonosobo, pada Tahun 2007 diterima di jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, kemudian melanjutkan S2 di Magister Managemen Agribisnis melalui program beasiswa Calon Dosen BPPDN Dikti.

keaktivannya di Organisasi, saat menjabat menjadi Menteri Sosial dan Kemasyarakatan BEM KM UGM,  ia  menjadi penerima Beasiswa aktivis Nusantara (Bakti Nusa) yang didalamnya berisi kawan-kawan  aktivis terbaik di UGM.   karena kontribusinya pernah mendapatkan penghargaa mahasiswa berprestasi jurusan Teknik Pertanian FTP UGM di 2011.

Organisasi dan Komunitas yang digeluti :

  1. Pendiri Gerakan Wonosobo Mengajar dan Inspirator Wonosobo
  2. pendiri sekaligus direktur komunitas Gadjah Mada Mengajar
  3. Menteri Sosial dan Kemasyarakatan Badan Eksekutif  Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UGM (2011)
  4. Dewan Pakar Agritech Study Club (ASC)
  5. Pendiri Grup Halal Food Community
  6. Departemen Media dan Opini Jamaah Shalahuddin (JS)
  7. Advokasi dan Pengkajian kebijakan (APK) BEM FTP UGM
  8. Koordinator jaringan khusus Media dan Opini Forum Silaturahim Lembagai Dakwah Intra Kampus (FSLDIK)
  9. Presiden Partai BUMI FTP UGM
  10. ketua komisi legislasi Senat Mahasiswa FTP UGM.

Selain aktif dalam kegiatan organisasi mahasiswa maupun kemasyarakatan ia juga aktif di berbagai forum kepemudaan tingkat nasional  diantaranya Forum Indonesia Muda angkatan 10, Indonesia Young Changesmaker, Forum Pelatihan Pemimpin Bangsa dan Forum Pemuda Sukarelawanan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI 2012, di tahun (2012) meraih meraih beberapa penghargaan yaitu best presentator simposium Gizi Nasional FK UGM, Technopreneurship Pemuda Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (2011), penghargaan Menteri Riset dan Teknonologi serta Juara 1 Bidang MIPA Masyarakat Ilmuwan Teknolog Indonesia (MITI) Paper Challenge (2011), juara 1 Karya  Tulis Ilmiah Nasional tentang Otonomi daerah Fakultas Geografi UGM, juara 2 annual Essay Competition PPKB UGM , Finalis Community Development Competition (CDC) ITB Fair di Bandung, Finalis MITI Award Regional Jawa tengah dan DIY  dll

Tahun 2015 berkesempatan mengikuti Proram Jenius Lokal Komunitas Sukses Mulia, karena inisiatifnya membangun gerakan di level lokal dengan mendirikan Gerakan Wonosobo Mengajar sebagai aksi nyata untuk sedikit berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di tanah kelahirannya, ia juga mencetuskan gagasan Program “Inspirator Wonosobo” dan “Wonosobo Study Club”.

Mempunyai cita-cita mendirikan pesantren berbasis agribisnis, dan sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia. Dengan jargon”Bergerak atau TERGANTIKAN’! Pernah merintis perusahaan CV. AL Baraka Gama Food saat kuliah S1.

Advertisements

8 thoughts on “About Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s